Home » , » Tinggal Sisakan KMP Muria

Tinggal Sisakan KMP Muria

JEPARA  - Warga Jepara ataupun wisatawan pada Juli mendatang tak punya pilihan soal angkutan penyeberangan ke Karimunjawa. Sebab, hanya Kapal Motor Penumpang (KMP) Muria yang akan beroperasi.
Kapal Motor Cepat (KMC) Express Cantika 89 dijadwalkan docking alias perawatan pada 4-10 Juli. Sementara itu KMC Kartini hingga saat ini belum beroperasi karena rusak.

Dengan kondisi itu, kemungkinan akan banyak penumpang yang tak terakomodasi. Sebab, saat KMC Express menjalani perawatan ada akhir pekan yang biasanya banyak wisatawan berlibur ke Karimunjawa. Kondisi KMP Muria memiliki waktu tempuh cukup lama, sekitar enam jam. Adapun KMC bisa lebih cepat dengan kisaran dua hingga tiga jam penyeberangan.
Agus Niwang, tenaga marketing dari KMC Express, kepada wartawan mengemukakan,  perawatan kapal dilakukan rutin setiap Juli. Dengang kondisi itu, lanjutnya, para agen wisata ataupun wisatawan serta masyarakat yang telah pesan tiket pada saat masa perawatan dibatalkan. "Jadwal perawatan adalah peraturan dari pemerintah untuk syarat pelayaran. Karena itu, tidak bisa dibatalkan," ucapnya.

Soal rencana penggantian kapal KMC Express dengan yang lebih besar, Agus menekankan, belum bisa terealisasi dalam waktu dekat. Itu terjadi karena kapal yang dimiliki perusahaan telah dioperasikan. Kapal yang tersedia justru kapasitasnya lebih kecil dari kapal yang beroperasi sekarang.

Tambah Trip
Sementara itu, Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jepara Sutana mengemukakan, KMC Kartini saat ini memang masih perbaikan dan sudah proses percobaan.
Dalam percobaan itu, kecepatan belum bisa maksimal, hanya 16 knot. Kondisi normal, kecepatan bisa 19-20 knot. "Kabar yang kami dapat gear box KMC kartini akan dibongkar untuk mencari masalah mesin. Upaya itu dilakukan agar kondisi kapal bisa kembali normal," tutur Sutana.

Kenyataan itu, lanjut Sutana, butuh solusi agar pelayanan penyeberangan bisa baik. Salah satunya dengan menambah jadwal trip atau pelayaran KMP Muria dengan sistem calik alias pergi pulang. "Belum ada keputusan dari PT Sakti Inti Makmur Palembang sebagai pengelola KMC Express apakah ada kapal pengganti atau tidak," ucapnya.

Semenytara itu, Zulkifli, kepala PT ASDP Indonesia Fery Persero Cabang Jepara, menyampaikan, telah merancang adanya tambahan trip. Dia menjadwalkan mulai Jumat (5/7) mendatang. Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Mulyaji berharap, ada kapal pengganti dari KMC Express saat menjalani perawatan. (H75-57)

Sumber : susaramerdeka.com
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kartini NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger