Home » , » Pengusaha Diminta Sikapi Kenaikan BBM

Pengusaha Diminta Sikapi Kenaikan BBM

JEPARA - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah diputuskan naik oleh pemerintah. Dengan kondisi itu, tinggal menunggu waktu mendapati lini lain menyesuaikan naik. Salah satunya adalah menaikkan kesejahteraan buruh. Pihak pengusaha diberi kesempatan untuk menyikapi kenaikan BBM maksimal sepuluh hari setelah BBM diumumkan naik.

Hal itu disampaikan Hidayat, kasi Hubungan Industrial dan Syarat Kerja pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsos­na­kertrans) Jepara, kemarin.
''Kami secepatnya melakukan pertemuan dengan pengusaha yang akan diwakili Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan serikat buruh Jepara, terkait kenaikan BBM. Kami beri kesempatan setidaknya satu pekan hingga sepuluh hari bagi pengusaha untuk bersikap,'' jelas Hidayat.

Setelah dalam rentang waktu itu, lanjut Hidayat, baru ada pertemuan bersama. Dalam pertemuan tersebut diharapkan para pengusaha dapat menentukan kebijakan untuk kesejahteraan buruh. Apalagi saat ini bahan bakar minyak yang naik mengakibatkan beberapa kebutuhan pokok dan tarif angkutan mengalami kenaikan.
''Kami berharap, pihak pengusaha memberikan perhatian kepada buruh sehingga beban buruh lebih ringan. Dalam pertemuan tersebut akan digunakan acuan untuk menentukan penambahan kesejahteraan buruh. Mengenai teknsinya apakah pada tunjangan atau upah itu tergantung masing-masing perusahaan,'' ujarnya.

Dia mengatakan, kalaupun tidak ada penambahan jumlah upah, pihaknya berharap ada penambahan tunjangan bagi buruh khususnya untuk transportasi.
''Dalam pertemuan yang kami rencanakan itu akan dihadirkan pula dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menjelaskan inflasi akibat kenaikan BBM. Sehingga naik atau tidaknya intensif buruh bisa mempunyai dasar dan data akurat,'' terangnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (Asephi), Abdul Haris Noor mengatakan, kenaikan harga BBM direspons pengusaha. Menurutnya, pengusaha harus memikirkan dampak ganda. Sebab, kenaikan BBM ini hampir berbarengan dengan datangnya Ramadan dan Lebaran. (H75-36,79)
 
Sumber :  suaramerdeka.com
Foto : merdeka.com
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kartini NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger