Home » , » Sarjana Psikologi Harus Kreatif

Sarjana Psikologi Harus Kreatif

KALINYAMATAN - Dalam era globalisasi, tantangan ke depan semakin berat, sehingga dibutuhkan sarjana yang siap bersaing. Untuk itu, para sarjana psikologi harus lebih kreatif dalam menghadapi dunia kerja. Hal itu diungkapkan Dekan Psikologi Universitas Semarang (USM), Dr Hardani Wdalam sarasehan menghadapi dunia kerja yang diikuti puluhan pelajar SMA di aula warga Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara, baru-baru ini.
Menurutnya, di dunia kerja, peluang lulusan psikologi cukup banyak antara lain bisa bekerja di perbankan, pendidikan, dan rumah sakit. ''Kalau ingin bekerja di Perbankan maka bisa memilih konsentrasi psikologi industri dan organisasi. Sedagkan kalau ingin bekerja di dunia pendidikan maka bisa mengambil konsentrasi Psikologi Perkembangan. Jika bekerja di rumah sakit maka bisa mengambil konsentrasi Psikologi Klinis,'' ujarnya.
Untuk Psikologi Forensik, katanya, konsentrasinya lebih pada terapan dalam menangani permasalahan di bidang hukum, karena harus menelisik latar belakang perilaku tersangka. ''Untuk mendukung semua itu, selama ini Fakultas Psikologi USM membangun bekerja sama dengan instansi terkait seperti PLN, PT Jamsostek, PT Bank Jateng, RSJ Gondo Amino Semarang dan Polrestabes Kota semarang. Kerja sama yang dibangun meliputi kegiatan mahasiswa dan dosen di bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat,'' ungkap Hardani.(B18-36,47)

Sumber : suaramerdeka.com
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kartini NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger