Home » » Pilah Sampah Dikampanyekan

Pilah Sampah Dikampanyekan

JEPARA - Kampanye betapa penting memilah sampah untuk menjaga lingkungan didengungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara di sekolah-sekolah.
Salah satunya SMP 1 Bangsri, Jepara yang relah dibangun rumah pilah olah sampah (rupiah). Peresmiannya berbarengan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilakukan oleh Bupati Ahmad Marzuqi, kemarin.  Dalam apel di lapangan SMP 1 Bangsri itu, Marzuqi memberikan apresiasi pendirian rumah pilah olah sampah yang didukung Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jepara.

"Apa yang dilakukan BLH bersama SMP 1 Bangsri ini merupakan upaya memasyarakatkan upaya melestarikan bumi sejak dini di bangku sekolah. Penanaman budaya ini penting, mengingat pemakaian kemasan nonorganik yang berlebihan dan sifat bahan nonorganik yang sulit diurai oleh tanah akan menurunkan kualitas bumi," ungkap Marzuqi.

Dengan pola konsumsi masyarakat saat ini, lanjut Bupati, sangat potensial meningkatkan limbah atau sampah. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup, rata-rata penduduk Indonesia menghasilkan limbah sampah dua kilogram per orang per hari. "Kalau warga Jepara 1.204 juta jiwa, sampah yang dihasilkan bisa dua juta kilogram lebih per hari," ucapnya.
Dengan kondisi itu masyarakat harus pandai memilih dan memilih barang yang menjadi konsumsi agar tidak merusak lingkungan. Keberhasilan Jepara yang didukung banyak pihak bisa meraih Piala Adipura yang kesembilan berturut-turut harus menjadi motivasi untuk mengelola lingkungan agar semakin baik.

Adapun Asisten II Sektretariat Daerah (Setda) Jepara Edy Sudjatmiko yang merupakan ketua penyelenggara mengharapkan, kegiatan tersebut mampu memberikan gambaran yang mudah serta membuka kesadaran semua pihak terkait dengan nilai penting menyikapi pemanfaatan makanan dan sumber daya alam secara bijak.

"Karena itu, masyarakat seharusnya memiliki kesadaran dan aksi-aksi ramah lingkungan hidup. Salah satunya adalah memilah dan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, menanam dan memelihara pohon atau menggunakan energi secara bijak," papar Edy. (H75-57,47)

Sumber : suaramerdeka.com
Foto : facebook.com
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kartini NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger