Home » » Nelayan Temukan Kayu Gelondongan

Nelayan Temukan Kayu Gelondongan

JEPARA- Nelayan Jepara menemukan puluhan kayu gelondongan saat mencari ikan di laut, Rabu (19/6). Hingga Kamis (20/6) kayu-kayu tersebut belum diambil oleh pemiliknya. Kayu-kayu itu masih terikat di pinggir-pinggir pantai dan diamankan para nelayan yang menemukan. Satuan Polisi Air (Satpolair) Polres Jepara masih berupaya agar diadakan pertemuan antara pemilik kayu dan para nelayan.

''Pemilik kayu-kayu yang ditemukan nelayan adalah Alian dari PT Bunga Cindo. Sudah ada komunikasi dengan Ditpolair Jateng. Kami berharap bisa secepatnya untuk ada tindak lanjut karena kayu-kayu yang ditemukan juga perlu pengamanan. Sejauh ini, kami titipkan ke nelayan penemu dulu,'' ucap Kapolres Jepara AKBPM Taslim Cahiruddin melalui Kasat Polair Jepara Samai, kemarin. Dia menjelaskan, akan melakukan komunikasi lebih lanjut kepada pihakpihak terkait pada Jumat (21/6).

Samai mengaku, akan ada pertemuan di Polda Jateng. ''Dalam pertemuan itu kami akan mengkoordinasikan kejelasan tindak lanjut dari penemuan kayu-kayu di tengah laut oleh para nelayan,'' terang Samai. Mengenai jumlah kayu gelondongan yang ditemukan, Samai menerangkan ada 34 batang dengan berbagai ukuran. Kayu-kayu itu tersebar di beberapa pantai di Jepara, yakni Teluk Awur Kecamatan Tahunan, Pantai Jobokuto, Ujungbatu, Demaan, Sekembu, dan Bulu yang berada di Kecamatan Kota.

Terkait pengamanan, Samai sudah menjelaskan kepada para nelayan mengenai status kayu yang ada pemiliknya tersebut. Dengan demikian, dia berharap neyalan mengamankan dulu untuk selanjutnya dibicarakan dengan pemilik. ''Ini masih diamankan kalau kemudian ada ombak tinggi, sehinggakayu-kayuituterlepastentubukan tanggung jawab nelayan,'' urainya. Ditanya mengenai agenda pertemuan, Samai belum bisa memastikan.

Dia menjelaskan pertemuan antara pemilik kayu dan nelayan perlu dilakukan untuk membicarakan mengenai ganti rugi. ''Informasi yang saya dapat pemilik sedang sakit. Kami belum bisa memastikan kapan akan dilakukan pertemuan. Kami juga tidak bisa melakukan penjajagan dengan nelayan karena juga belum bertemu dengan pemilik kayu,'' terangnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, puluhan kayu gelondongan itu adalah berasal dari Kapal Tongkang Victoria yang ditarik dengan Tugboat Muara 89 yang berangkat dari Kalimantan menuju Semarang. Kapal tersebut melewati ombak besar di perairan Jepara hingga tongkang miring. Karena terlalu miring tali-tali kayu putus sehingga kayu gelondongan tercebur ke laut. (H75-42,88)

Sumber : suaramerdeka.com
Foto : sindonews.com
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kartini NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger