Home » , » KMC Express Perlu Dievaluasi

KMC Express Perlu Dievaluasi

JEPARA - Keberadaan Kapal Motor Cepat (KMC) Express Cantika 89 yang melayani penyeberangan Jepara-Karimunjawa diharapkan bisa meningkatkan pelayanan. Namun, seiring berjalannya waktu, masih bermunculan keluhan mengenai transparansi penjualan tiket. Dengan pertimbangan itu, keberadaan KMC Express perlu dievaluasi untuk meminimalisasi keluhan yang timbul.

Kabid Pengembangan Karimunjawa pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Slamet Riyanto mengakui masih adanya komplain dalam pelayanan KMC Express. Dengan kondisi itu, dia menilai perlu ada beberapa alternatif solusi. Salah satunya, perlu ada tekat dari manajemen KMC Express untuk mengganti kapal yang lebih besar.

‘’Masih ada keluhan sulit dapat tiket dari penumpang yang ingin ke Karimunjawa. Dengan kondisi wisatawan yang makin banyak tentu butuh diganti. Kalau tidak ada upaya ke situ, perlu juga solusi menarik investor baru,’’ucapnya.

Tambahan investor baru dinilai layak, karena kondisi Karimunjawa yang makin ramai. Adanya tambahan investor juga akan berdampak pada persaingan usaha, sehingga bisa saling menunjukkan pelayanan terbaik. ‘’Kepala Disparbud Jepara Mulayaji sudah sering menyampaikan wacana perlunya investor baru,’’ tuturnya.

Adapun Prono Cahyono, Kasi Sarana Prasarana pada Disparbud Jepara mengakui lebih menyoroti mengenai waktu penyeberangan yang sudah menjelang siang. Praktik yang terjadi saat ini berangkat sekitar pukul 11.00.  ‘’Kalau berangkatnya sudah menjelang siang, kemudian wisatawan sampai Karimunjawa sudah menjelang sore, tidak maksimal dalam menikmati suasana pantai,’’terangnya.

Bagi wisatawan yang hanya sehari tentu akan merasa dirugikan. ‘’Kondisi ini sudah sering saya dengar dari para wisatawan. Idealnya, berangkatnya KMC Express bisa lebih pagi, pukul 07.00. Kalau itu bisa dilakukan, wisatawan akan maksimal berkeliling Karimunjawa seharian,’’ sambungnya.

Muh Giyanto, Kasi Pengembangan Potensi Wisata pada Disparbud Jepara, menyoroti penjualan tiket KMC Express. Dia mengatakan ada permainan dalam penjualan tiket. ‘’Ada beberapa orang yang susah payah mencari tiket, tetapi ada orang yang sangat mudah mendapat tiket,’’ katanya.

Dia mengakui pernah mengalami sendiri dan mendengar omongan, ada oknum di pemerintahan yang bisa dengan mudah mendapat tiket. Kasihan orang yang sudah pesen lama, tiba-tiba dapat kabar tidak bisa, tetapi ada yang mendadak minta tiket bisa memperoleh. ‘’Tiket itu juga hargnya melambung saat sudah dijual orang-orang tertentu yang bukan dari manajemen kapal,’’ tuturnya. (H7532)
 
Sumber : suaramerdeka.com 
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kartini NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger