Home » » Bibit: Wanita Jangan Hanya Jadi Kanca Wingking

Bibit: Wanita Jangan Hanya Jadi Kanca Wingking

JEPARA - Gubernur Bibit Waluyo minta para wanita lebih maksimal dalam berperan di lingkungan masing-masing. Bibit berharap wanita tidak hanya menjadi kanca wingkingalias berurusan dengan dapur.  Wanita juga bisa bekerja agar keluarga lebih sejahtera.

Itu disampaikan dalam acara mujahadah Majlis Taílim Maríah Sholihah di rumah Ketua DPW PPP Jateng, Arif Mudatsir Mandan Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara, kemarin.

Dalam acara yang dihadiri sekitar 5.000 jamaah itu, Bibit menandaskan, wanita yang salehah akan bisa mewujudkan kehidupan keluarga dan masyarakat lebih sejahtera.

Untuk mewujudkan hal itu, kata Bibit, perlu beberapa upaya. ’’Salah satunya adalah ibu-ibu ini harus makaryo, bekerja. Banyak yang bisa dilakukan apakah dengan menjahit atau membuat makanan olahan,’’ tandasnya.

Menurut Bibit, wanita yang ikut ambil bagian dalam bekerja akan menopang perkembangan perekonomian di masyarakat. Ekonomi keluarga juga akan lebih baik.

’’Saya dorong untuk bekerja semua. Berdzikir iya, doa iya, membaca Alquran iya, demikian pula bekerja. Jangan hanya jadi kanca wingking,’’ tuturnya.

Kalau kesulitan modal, ucap Bibit, bisa memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Namun, Bibit mengingatkan modal tersebut adalah pinjaman.

’’Itu bisa dimanfaatkan tetapi harus dikembalikan karena pinjaman. Meski bekerja saya berharap tidak lupa tetap mengawasi putra-putrinya dari bahaya narkoba yang sudah masuk ke desa,’’ tuturnya.

Zina Mata

Dalam kesempatan itu, Bibit juga menyampaikan kepada peserta pengajian agar bisa menjaga diri.

’’Wanita harus bisa menjaga diri dengan menghindari zina mata. Kalau bisa menghindari itu keluarga akan bisa sejahtera. Tapi kalau tidak bahaya. Korupsi yang dilakukan suami itu bisa karena zina mata istri,’’ ucap Bibit.

Apa yang disampaikan Bibit mengenai zina mata ternyata bukan persoalan melihat kemaksiatan seperti melihat aurat lawan jenis. Zina mata yang dimaksudkan Bibit bagi wanita adalah kesukaan berbelanja.

Setelah sambutan yang disampaikan Bibit, pembicara utama dalam acara itu adalah Ketua PP Muslimat Nahdhatul Ulama (NU) Hj Khofifah Indarparawansa.

Dalam materi ceramahnya, Khofifah mengajak hadirin yang datang dalam acara itu untuk saling menyadari peran kaum perempuan dan laki-laki dalam kehidupan keluarga.  (H75-36)

Sumber : suaramerdeka.com
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kartini NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger