Home » » Tim KKN Undip Bantu Klasifikasi Buku

Tim KKN Undip Bantu Klasifikasi Buku

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang di Desa Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara yang berjumlah 12 personil Senin (6/2) membantu klasifikasi buku Taman Baca “Praja Muda” Margoyoso. Kegiatan tersebut menurut Kordes, M Sigit Samseno merupakan salah satu bagian dari Program Kerja (Proker) timnya. Selain itu pihaknya juga membantu memberikan sumbangan buku ala kadarnya kepada pihak pengelola.


Penanggung jawab Taman Baca, Asyari Muhammad menyambut positif Tim KKN yang bersedia menyambangi ruang bacanya yang berdiri sejak 2009 silam. Pada tahun 2009 Tim KKN dari kampus yang sama turut memeriahkan peresmian Taman Baca yang dihadiri Perpustakaan Daerah (Perpusda) Jepara. Tahun 2010 dan 2012 Tim KKN membantu klasifikasi sekadarnya. Tahun 2011 tidak ada KKN. “Asal niatnya untuk kegiatan yang positif kami juga menyambutnya dengan positif pula,” paparnya.

Menurutnya, untuk klasifikasi buku dilakukan dengan sederhana. “Yang terpenting koleksi yang ada di Taman Baca memiliki identitas klasifikasi buku serta stempel,” jelasnya.

Sedangkan untuk bantuan buku, lanjutnya beberapa langkah yang ditempuh semisal dengan Sedekah Buku. “Kegiatan itu sudah kami lakukan 2 kali tahun 2010 dan 2011 bersamaan dengan Ngabuburit, menunggu waktu buka puasa. Kami juga pernah membuka Stand Taman Baca pada Pameran Pendidikan dan Pesta Buku 2010 di Pasar Seni dan Kerajinan Kalinyamatan,” imbuhnya.

Disamping itu, pernah sekali mengajukan bantuan buku ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Jepara dan Perpustakaan Wilayah (Perwil) Jawa Tengah dan memperoleh sumbangan. “Rata-rata masyarakat yang memberikan bantuan buku berasal dari membaca rilis kegiatan di beberapa media cetak, Surat Pembaca, informasi dari Facebook, Blog maupun SMS,” ungkapnya. (Syaiful Mustaqim)
Sumber dan Foto : syaifulmustaqim.blogspot.com  
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kartini NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger